LAYER DATA LINK OSI



PENJELASAN LAYER DATA LINK 

Data link layer jaringan komputer merupakan salah satu dari ketujuh macam layer atau lapisan yang terdapat pada OSI Reference Model For Open Networking. Dalam proses transmisi data yang terjadi, data link layer merupakan layer ke – 6 bagi transmitter atau pengirim data, dan merupakan layer kedua bagi receiver, atau mereka yang menerima data.
Data link layer sendiri pada dasarnya merupakan sebuah lapisan atau layer pada OSI Reference Model for Open Networking yang memiliki tugas utama untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antar jaringan. Jadi, dengan adanya data link layer ini, setiap paket data yang akan ditransmisikan ataupun akan diterima oleh user, akan diproses, sehingga memungkinkan untuk dilanjutkan ke layer berikutnya, yaitu layer network layer ataupun physical layer.

CIRI LAYER DATALINK 

data link layer merupakan salah satu lapisan yang secara fisik memiliki alamat tersendiri atau address yang sudah dikodekan secara langsung ke dalam sebuah network card atau kartu jaringan ketika kartu jaringan tersebut pertama kali dibuat.

    PERANGKAT DALAM DATA LINK

    Data link layer sendiri merupakan sebuah lapisan yang sifatnya logic atau tidak dapat dilihat dan juga digunakan secara fisik, namun demikian data link layer memilikii hubungan yang erat dengan beberapa perangkat keras jaringan yang tentu saja dapat kita lihat dan kita gunakan secara fisik. Yang pertama, sudah disinggung sebelumnya, yaitu network Card, yang merupakan bagian penting dari sebuah data link layer, 

    FUNGSI - FUNGSI LAYER DATA LINK

    • Penyediaan interface layanan yang baik bagi network layer
    • Mendeteksi kesalahan pengiriman dan penerimaan paket data dan melakukan proses pengkoreksian
    • Menggabngkan paket data ke dalam byte, dan menggabungkan byte ke dalam frame
    • Penentuan pengelompokkan bit dari phisichal layer ke dalam frame
    • Mengurusi masalah error transmisi
    • Pengaturan aliran frame pada penerima yang lambat dan pengirim yang cepat 


    LAYER DATA LINK OSI LAYER DATA LINK OSI Reviewed by Unknown on 03:50 Rating: 5

    No comments