PAN ( PERSONAL AREA NETWORK ) DAN WPAN ( WIRELLES PERSONAL AREA NETWORK )


JARINGAN PAN ( Personal Area Network  )




Pengertian Jaringan PAN

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang.Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut.
Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter.PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).

Kegunaan PAN 


  1. Untuk Menghubungkan Perangkat Komputer 
  2. Sebagai Komunikasi Personal 


Contoh Perangkat Jaringan PAN 

  1. Keyboard
  2. Mouse 
  3.  Hardisk Eksternal
  4. Dan Lainnya 


JARINGAN WPAN ( Wirelless Personal Area Network  )



Pengertian Jaringan WPAN


WPAN (wireless personal area network) adalah jaringan area pribadi – untuk jaringan yang terpusat di sekitar perangkat interconnecting perorangan dari kerja di mana sambungan nirkabel.
Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam waktu sekitar 10 meter – dengan kata lain, yang sangat jarak dekat.


Contoh Jaringan WPAN
  1. Bluetooth
  2. Infrared
  3. wifi


PERBEDAAN JARINGAN PAN DAN WPAN



Pada saat kita saling menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA, keyboard, mouse , headset wireless, camera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat (4-6 meter) maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network. 
Hal yang paling penting bahwa dalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut. 
Selain dihubungkn langsung ke komputer lewat port USB atau FireWire, PAN juga
sering dibentuk dengan teknology wireless seperti bluetooth, Infrared atau WIFI.


PAN ( PERSONAL AREA NETWORK ) DAN WPAN ( WIRELLES PERSONAL AREA NETWORK ) PAN ( PERSONAL AREA NETWORK ) DAN WPAN ( WIRELLES PERSONAL AREA NETWORK ) Reviewed by Unknown on 05:56 Rating: 5

1 comment